Minggu, 10 Maret 2013

Peta Hijau SMA Negeri 4 Palembang

Peta Hijau adalah peta atau gambaran suatu daerah yang berisi tentang potensi positif ataupun negatif daerah tersebut. Sehingga di dalam peta tersebut tidak hanya digambarkan daerah mana yang cukup tinggi.
Apa sih gunanya peta hijau yang memiliki udara bersih dan pepohonan, tetap juga daerah yang memiliki tingkat polusi bagi sekolah kita?? Hmm,, bayangkan jika kita punya misi untuk membuat sekolah menjadi lebih hijau. Bagaimana kita bisa tahu tempat mana yang harus kita bersihkan? Kalau asal melakukannya, mungkin kita malah makin merusak potensi alam di sekolah kita. Sehingga kita membutuhkan peta hijau.

Selain itu peta hijau juga dapat menolong kita untuk mengetahui potensi positif dari berbagai tempat disekolah kita, sehingga kita dapat ikut menikmati dan melindunginya.

Di SMA Negeri 4 Palembang juga sudah mulai mengenal yang namanya peta hijau. Berikut adalah peta hijau versi SMA Negeri 4 Palembang :
Peta hijau SMA Negeri 4 Palembang
Gambar yang berwana hijau merupakan lokasi penialian ADIWIYATA
Oh ya, kalian masih ingat kan apa itu ADIWIYATA?? ADIWIYATA adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negative.

Nah, dengan adanya peta hijau ini, kita juga bisa mengetahui letak lokasi-lokasi penilaian ADIWIYATA, sehingga kita dapan menjaga tempat-tempat tersebut agar tetap bersih dan nyaman.Berikut adalah beberapa tempat yang menjadi penilaian oleh tim ADIWIYATA :
kompos dan TPA (tempat pembuangan akhir) merupakan tempat penilaian tim ADIWIYATA yang pertama
 Apotik hidup SMA Negeri 4 PLG yang akan menjadi tempat penilaian ke2 tim ADIWITATA

Kantin SMA Negeri 4 Palembang yang menjadi tempat ke3 penilaian tim ADIWIYATA

Tempat Sampah dengan label organik dan non organik yang menjadi tempat ke4 penilaian tim ADIWIYATA

WC SMA Negeri 4 Palembang yang menjadi tempat ke5 penilaian tim ADIWIYATA

Lemari 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang menjadi tempat ke6 penilaian tim ADIWIYATA

Nah, dengn adanya informasi beserta foto-foto diatas, diharapkan agar para siswa/i SMA Negeri 4 Palembang dapat lebih meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan, sehinga dapat membuat SMA Negeri 4 Palembang menjadi lebh bersih dan nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar