Senin, 11 Maret 2013

Slogan

       

   Apa itu slogan? Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu dan untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, golongan, organisasi, partai , instansi, atau lembaga, dan sebagainnya.
Di sekitar kita tentu banyak terdapat slogan dan berikut ini adalah beberapa contoh slogan yang terdapat di SMA Negeri 4 Palembang.

 

Kedua slogan ini dibuat oleh anggota ekstrakulikuler PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja). Dari slogan ini dapat kita ambil bahwa merokok merupakan suatu hal yang merugikan dan berdampak sangat buruk bagi si perokok tersebut. Tidak hanya bagi si perokok aktif, bagi perokok pasif pun ada dampak negatifnya dan dampak negatif bagi si perokok pasif lebih besar dibanding perokok aktif.
Pada slogan yang sebelah kanan kita bisa lihat seberapa panjang umur kita jika kita merokok. Jadi buat siapapun yang merokok sadarilah bahwa merokok bukanlah sesuatu yang menguntungkan tapi sesuatu yang merugikan. Bukan hanya diri sendiri yang dirugikan tetapi orang lain yang mengisap asap rokok pun ikut terkena dampak negatifnya. Maka dari itu matikan rokokmu sekarang juga!

Dalam program ADIWIYATA, listrik merupakan salah satu kategori penilaian. Setiap bulan tagihan listrik di sekolah  harus menurun apabila meningkat maka kita tidak bisa mendapatkan ADIWIYATA tersebut. Maka dari itu kita dihimbau untuk melakukan penghematan listrik di sekolah, contoh; matikan lampu jika tidak digunakan, tidak mengecash hp atau laptop, dll. Agar kita dapat mensukseskan program ADIWIYATA. Mari kita banggakan sekolah kita!



"Lindungilah Diriku" karena Tanpaku Anda Tak Bisa Bernafas!!! Slogan ini dibuat oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang pada saat itu sedang praktek di SMA Negeri 4 Palembang. Slogan ini bertujuan agar kita semua melindungi tumbuhan hijau disekitar kita dan agar kita menjadikan lingkungan kita sebagai lingkungan hijau. Pada saat ini SMA Negeri 4 telah mencanangkan simbol "Go Green" yang mana artinya SMA negeri 4 akan menjadi sekolah yang hijau.


Membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu slogan yang ada di SMA Negeri 4 dan slogan ini terdapat di seluruh kelas. “KEBERSIHAN ADALAH SEBAGIAN DARI IMAN” kata-kata ini sudah sering kita dengar, nah salah satu contohnya yaitu, membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah pada tempatnya merupakan suatu budaya yang harus diternakkan karena berpengaruh sangat baik, dan juga merupakan salah satu cara menjaga kebersihan, terbebas dari bebagai penyakit, tidak ada nyamuk, dan proses belajar mengajar menjadi nyaman.  Selain itu juga memisahkan sampah antara sampah organik dan anorganik harus dilakukan. Contoh slogan lainnya :

Slogan Ajakan Bersalawat

                          Slogan tentang ajakan besalawat ini terdapat pada kelas XI IPA 3, yang dibuat oleh anak-anak kelas XI IPA 3 sendiri. Dibuatnya slogan ini bertujuan supaya seluruh warga SMAN4 PALEMBANG yang beragama islam agar teteap ingat kepada ALLAH SWT, dan diberikan selalu perlindungan dari-Nya. Tidak hanya itu, bersalawat juga dapat membuat hati menjadi tenang, lega, dan tentram. Untuk itu lah kita dihimbaukan untuk bersalawat setiap hari, baik di sekolah maupun dirumah.
Slogan Tentang Narkoba



                          Slogan tentang Narkoba juga di buat oleh anak- anak PKPR(Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja). Narkoba atau narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain itu “narkoba”’ istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan RI dikenal dengan istilah adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.
Penggunaan narkotika dalam bidang medis sebenarnya adalah legal untuk peruntukan pengobatan tertentu. Dan umumnya dipakai dalam rangka terapi karena senyawa-senyawa psikotropika yang terdapat di dalamnya dipakai untuk membius (anastesi) pasien saat hendak dilakukaan operasi (pembedahan) atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Hal ini juga harus dilakukan oleh pihak medis dengan menggunakan dosis dan cara pemakaian yang tepat. Sehingga bahaya narkotika harus kita sama-sama hindari.






                      Dari hasil kami mewawancara anak-anak yang membuat slogan ini kami, kesimpulannya yaitu;
Tujuan dibuatnya slogan-slogan ini untuk memotivasi dan mengajak para warga SMAN4 PALEMBANG agar mengikuti hal-hal yang positif dan baik bagi dirinya sendiri dan lingkungannya, serta menjauhi atau meninggalkan hal-hal yang berbau negatif seperti; merokok, memakai narkoba, dll. Tidak hanya itu, dibuatnya slogan-slogan ini bertujuan juga untuk mensukseskan dalam program ADIWIYATA tersebut.


                Baiklah teman-teman harapan kami slogan-slogan yang ada di lingkungan sekolah kita ini tidak hanya tulisan atau sebagai hiasan semata tapi juga nyata kita lakukan, marilah kita tanamkan di kehidupan kita sehari-hari..!!

0 komentar:

Poskan Komentar